Desain Rumah Dan Taman Minimalis

Akhir-akhir ini keberadaan taman pada siteplan bangunan rumah tinggal merupakan salah satu bentuk kebutuhan bagi penghuni rumah, terlebih lagi bagi warga kawasan perkotaan akibat adanya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor secara pesat dan penurunan luasan kawasan hijau (green area), memang menyebabkan peningkatan polusi udara secara siginifikan. Suasana lingkungan sejuk dengan udara yang segar seperti di kawasan pedesaan beberapa tahun lalu kini menjadi hal yang langka bahkan terkadang mustahil untuk ditemui lagi.
 Sebagai solusi akan masalah tersebut akhirnya diwujudkan pada ide untuk menciptakan kawasan hijau (green area) di lingkungan rumah kita yang diwujudkan dalam bentuk taman, dana terkadang juga dilengkapi dengan kolam ikan hias. Lebih jauh lagi, dengan penciptaan suasana hijau yang sejuk dengan suara gemericik air dari kolam berisi ikan hias, diharapkan akan mampu memberi energi baru lewat menghilangkan kepenatan pikiran akibat beban bekerja seharian. Bila ditinjau secara teoritis, penempatan taman di beberapa titik pada areal rumah tentu saja akan menciptakan penghawaan alami/sirkulasi udara yang baik serta adanya tanaman tersebut akan menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh tubuh manusia, sekaligus pula menyerap karbondioksida .
Begitu pula dengan klien kami yang satu ini, beliau mengidamkan sebuah bangunan rumah minimalis yang asri, dilengkapi taman minimalis beserta kolam ikan minimalis. Sengaja beliau membeli dua kavling tanah di sebuah perumahan, yang dimaksudkan untuk dapat memiliki rumah plus halaman luas dilengkapi dengan taman dan kolam minimalis. Akhirnya, diharapkan dari penataan lay out rumah minimalis ini akan tercipta sebuah rumah minimalis yang bukan sekedar berfungsi sebagai tempat tinggal belaka tetapi lebih jauh lagi akan menjadi tempat yang menyehatkan baik fisik maupun psikis dengan adanya kombinasi taman dan kolam pada sebuah lingkungan rumah.